Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP memperingati hari RA Kartini yang jatuh pada hari ini, Minggu (21/4). Dalam pernyataannya Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut 

“Perjuangan Beliau sangat fundamental bagi demokrasi. Sebab berbagai bentuk penindasan justru berubah menjadi energi perjuangan,” kata Hasto.

Dia menyebut spirit Kartini juga telah mengilhami Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri saat mengajukan amicus curiae dalam sidang sengketa Pemilu di Mahkamah Kontsitusi (MK).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia kembali mengutip penggalan kalimat Mega yang berharap agar palu MK tak menjadi palu godam, melainkan palu emas.

“Semoga ketuk palu MK bukan merupakan Palu Godam melainkan palu emas seperti ditegaskan Ibu Kartini habis gelap terbitlah terang sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus menerus oleh generasi bangsa Indonesia”.

Hasto kembali menyinggung dugaan abuse of power atau penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Presiden Jokowi di Pemilu dan Pilpres 2024.

Abuse of power itu, kata Hasto, terutama terlihat lewat manipulasi hukum di Mahkamah Konstitusi (MK) yang kemudian meloloskan putranya, Gibran Rakabuming sebagai cawapres Prabowo Subianto.

“Penyalahgunaan kekuasaan terjadi terlebih setelah manipulasi hukum di MK dan berhasil meloloskan Gibran Rakabuming sebagai cawapres,” katanya.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *